Wednesday 26 February 2014

9 Fakta Menarik Tentang Serial Kamen Rider yang Banyk Orang Tidak Menyadarinya

9 Fakta Menarik Tentang Serial Kamen Rider yang Banyk Orang Tidak Menyadarinya
Serial Kamen Rider pertama kali ditayangkan sekitar tahun 1971 dan hingga saat ini masih terus di-update serial terbarunya. Tidak bisa dipungkiri jika Kamen Rider selalu berhasil menemukan penggemarnya di setiap generasi, dan susah untuk dilupakan. Seperti saya yang masih begitu terkesan dengan Kamen Rider Black RX (Ksatria Baja Hitam RX) yang saya tonton saat masih kecil dulu.
Selama puluhan tahun serial kamen rider menghiasi layar kaca, ternyata ada beberapa hal menarik seputar serial Kamen Rider yang mungkin tidak banyak orang sadari.  Nah berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang serial kamen rider yang tidak banyak orang menyadarinya yang berhasil kita rangkum :
  • Di Era Showa (sebelum tahun 2000), serial Kamen Rider tidak rutin ada setiap tahunnya. Sekitar tahun 1976-1978, tidak ada serial kamen rider yang ditayangkan di Jepang. Bahkan pada tahun 1990-an, tidak ada sama sekali serial kamen rider yang ditayangkan. Sementara di Era Heisei (setelah tahun 2000), setiap tahunnya selalu ada serial Kamen Rider baru yang ditayangkan. Setidaknya hingga tahun 2014 ini dengan kehadiran Kamen Rider Gaim.
  • Setelah Kamen Rider Kabuto pada tahun 2006, kostum Kamen Rider yang berikutnya tidak mengambil tema serangga lagi. Setidaknya hingga 2014 ini, dimana Kamen Rider Gaim justru mengambil tema buah, seperti jeruk, dan Strawberi dalam kostumnya. Padahal sebelumnya, Kamen Rider begitu identik dengan wujud serangga (terutama di Era Showa).
  • Entah sengaja atau tidak, semua Kamen Rider hingga saat ini selalu memiliki sepeda motor ikonik. Entah itu ada namanya, seperti 'belalang tempur' atau tidak disebutkan namanya. Padahal, orang Jepang sendiri lebih senang bersepeda dari pada naik Sepeda motor. Kenapa belum ada kamen rider yang mengendarai sepeda, coba??? Naik sepeda tetep bisa disebut "Rider" kan??? ^_^
  • Kamen Rider Kuuga (2000) adalah satu-satunya serial Kamen Rider di era Heisei yang di dalam serinya hanya ada 1 Rider. Sebut saja Kamen Rider Agito (2001) ada 4 Rider, Ryuki (2002) ada 13 Rider, hingga seterusnya sampai Gaim, selalu ada lebih dari 3 Rider dalam satu seri. Bahkan Den-O pun ada 2 Rider.
  • Kebalikan dari Kuuga, Kamen Rider Black RX (1988-1989), justru menjadi serial Kamen Rider dengan kostum Rider terbanyak di Era Showa, dimana Ada Robo, Bio, Black, Black RX, dan Shadow Moon (Kamen Rider jahat).
  • Kamen Rider Decade adalah serial Kamen Rider dengan jumlah Episode paling sedikit yaitu hanya 30 Episode. Padhaal biasanya serial Kamen Rider tayang hingga lebihd ari 40 episode.
  • Kamen Rider 555, merupakan serial kamen rider di Era Heisei dengan rating TV paling rendah, bahkan lebih rendah dari rating Kamen Rider Ryuki. Setidaknya hingga 2014 ini. Namun penjualan Toys nya terbilang bagus.
  • Kamen Rider Kabuto yang kembali mengambil tema kostum serangga yang ditinggalkan oleh beberapa pendahulunya di Era Heisei (mulai dari Ryuki, 555, Blade, dan Hibiki), menjadi serial kamen rider paling sukses di Era Heisei. Setidaknya hingga tahun 2014 ini.
  • Di Era Showa, kebanyakan Kamen Rider memperoleh kekuatannya dari kesalahan laboratorium. Kebanyakan merupakan project musuh yang gagal, dan justru menyerang balik. Namun, di Era Heisei, nyaris tidak ada Kamen Rider yang memperoleh kekuatan dari kesalahan laboratorium.
Referensi : observasi sendiri

5 komentar:

Agung Praditya said...

W bukannya temanya serangga ya, TOEI sendiri yang konfirmasi kalo tema kostumnya itu serangga,

faiz said...

kamen rider W pernah pakai sepeda koq waktu lawan pengendali mimpi dan itu lucu sekali wkwkwkwk

Unknown said...

Blade itu selain mengambil tema kartu... Juga mengambil tema serangga

Berbagi Senja said...

Ryuki (Drago Knight) Drago Serangga :v?

Unknown said...

Iya blade juga mengambil tema serangga

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons