Monday, 10 March 2014

7 Drama Taiwan Populer Yang Diadaptasi Dari Manga Jepang

Dahulu kala, sebelum drama Korea mewabah di Indonesia, drama Taiwan (lebih dikenal dengan Drama Asia) sempat merajai siaran TV Indonesia. Hampir semua stasiun TV yang ada pada saat itu menayangkan setidaknya 1 drama Asia.

Tahukah kalian, bahwa sebenarnya beberapa drama Taiwan yang terkenal tersebut sebenarnya diadaptasi dari manga Jepang??? Ya, saya sendiri baru menemukan fakta tersebut belum lama ini setelah semakin tertarik dengan dunia manga dan anime. Dan berikut ini adalah 7 drama Taiwan populer yang diadaptasi dari manga Jepang :

1. MARS
MARS , drama Taiwan yang diadaptasi dari manga Jepang
Drama Taiwan yang dibintangi oleh Vic Zhou (F4) dan Barbie Hsu ini mungkin kurang populer di Indonesia karena pertama kali ditayangkan pada bulan Ramadhan pas jam-jam sholat tarawih. Namun, setelah ditayangkan kembali pada jam yang berbeda, drama ini cukup menyedot perhatian. 
Saya sendiri sangat menyukai drama taiwan ini karena menurut saya ceritanya sangat menarik, tidak melulu soal cinta dan rebutan pacar. Namun lebih soal konflik batin para pemain utamanya. Saya pikir ini adalah masterpiece drama Taiwan. Namun ternyata baru-baru ini saya menemukan fakta bahwa MARS sebenarnya merupakan hasil adaptasi dari manga Jepang yang berjudul sama.
MARS adalah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Fuyumi Soryo pada sekitar tahun 1996-2000. Lalu pada tahun 2004, MARS diadaptasi menjadi 24 episode mini drama Taiwan yang dibintangi oleh Vic Zhou dan Barbie Hsu.

2. Meteor Garden
Meteor Garden adaptasi dari manga Hana Yori Dango
Diadaptasi dari Manga Hana Yori Dango karya Yoko Kamio yang terbit dari tahun 1992 - 2004. Meteor Garden bisa dibilang menjadi awal dari menjamurnya drama taiwan di TV Indonesia pada saat itu. Selian diadaptasi ke drama Taiwan, Hana Yori Dango juga diadaptasi ke drama korea dengan judul Boys Before Flower. Di Jepang sendiri Hana Yori Dango juga diadaptasi menjadi drama dan movie.

3.  It Started With a Kiss
It Started With a Kiss diadaptasi dari manga Itazura Na Kiss
Diadaptasi dari manga Shoujo yang berjudul Itazura na Kiss karya Kaoru Tada. Manga ini terbilang sangat sukses di Jepang dengan beberapa adaptasi drama. Tidak mengherankan jika Taiwan tertarik untuk mengadaptasinya pada tahun 2005 dengan judul It Started With a Kiss dan sekuelnya, They Kiss Again. Dan pada 2010 lalu, Korea pun mengadaptasinya dengan judul Playfull Kiss.

4. Secretly Loving You
Secretly Loving You, diadaptasi dari manga berjudul Hana-Kimi
Memang alur ceritanya tidak mentah-mentah mengadaptasi dari Manga Hanazakari no Kimitachi e atau lebih dikenal dengan Hana-Kimi. Namun ide tentang seorang gadis yang menyamar menjadi laki-laki dan masuk ke sekolah khusus laki-laki untuk bisa dekat dengan idolanya adalah berasal dari Manga karya Hisaya Nakajo ini. Sementara Korea mengadaptasinya dengan sangat sedikit perubahan dalam drama yang berjudul To The Beautiful You.

5. Absolute Darling
Absolute Darling diadaptasi dari manga Absolute Boyfriend
Diadaptasi dari manga yang berjudul Zettai Kareshi atau Absolute Boyfriend karya Yuu Watase. Yang unik adalah drama Taiwan yang mulai tayang bulan April 2012 ini adalah ceritanya diadaptasi dari manga Jepang, tetapi di dalamnya dibintangi oleh aktris Korea yang berperan sebagai gadis asal Jepang. 

6. Feng Mi Xing Yun Chao
Feng Mi Xing Yun Chao, diadaptasi dari manga HachiKuro
Drama yang tayang pada tahun 2008 lalu ini diadaptasi dari manga Honey and Clover atau HachiKuro karya Chika Umino. Selain diadaptasi menjadi drama Taiwan, HachiKuro juga diadaptasi kedalam Dorama, dan Anime.

7. Poor Prince
Poor Prince, diadaptasi dari Yamada Taro Monogatari
Drama Taiwan yang tayang sekita pertengahan tahun 2001 ini diadaptasi dari manga berjudul Yamada TarĊ Monogatari karya Ai Morinaga. Alur ceritanya cukup menggelitik, yaitu tentang seorang pria yang ganteng, atletis, pintar, sehingga banyak yang menyangka dia adalah anak orang kaya raya, tetapi ternyata dia adalah seorang anak yatim dan miskin.

Referensi : banyak sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons