Wednesday 9 April 2014

Anime pertama yang pernah dibuat di Jepang

Anime pertama yang pernah dibuat di Jepang
Saat ini Anime menjadi salah satu seni budaya yang tidak terpisahkan dengan Jepang. Namanya sudah menggelora sampai ke pelosok-pelosok dunia. Sebenarnya sejak kapan sih JEpang mulai memproduksi anime???

Menurut catatan sejarah anime yang tertulis di wikipedia, pada bulan Juli 2005 lalu ditemukan sebuah film animasi pendek berdurasi 3 detik di Kyoto. Film tersebut terdiri dari 50 frame yang digambar pada strip celluloid. Diperkirakan film animasi ini dibuat pada tahun 1907. Wow!!!

Dengan demikian, film animasi pendek yang diberi judul Katsudō Shashin ini menjadi anime tertua yang pernah ditemukan sekaligus menjadi anime pertama yang pernah dibuat di Jepang.

Anime berdurasi 3 detik ini menggambarkan seorang anak muda berpakaian pelaut yang menuliskan huruf kanji yang berbunyi katsudō shashin, yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi "gambar bergerak."

Sampai saat ini siapa pembuat film animasi katsudō shashin ini belum diketahui. Diperkirakan animasi ini dibuat hanya untuk dilihat sendiri saja, mungkin juga merupakan sebuah hasil eksperimen gambar.

Penemu anime tersebut bernama Natsuki Matsumoto. Dia berspekulasi bahwa anime ini mungkin 10 tahun lebih tua daripada rekor anime tertua Jepang yang sebelumnya dipegang oleh Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki, yang dibuat pada tahun 1917.

Penasaran seperti apa anime pertama dalam sejarah Jepang tersebut??? Ini dia videonya.
Referensi : wikipedia

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons