Thursday 27 November 2014

Jenis-jenis raksasa di anime ONE PIECE

Raksasa tampaknya adalah makhluk mitologi yang paling terkenal di dunia. Karena hampir masing-masing negara mempunyai versi raksasanya sendiri. Makhluk bertubuh super besar ini memang sangat populer bahkan sudah berkali-kali muncul di One Piece. Raksasa jugalah makhluk mitologi pertama yang dimunculkan di One Piece.
Jenis-jenis raksasa di anime ONE PIECE

Raksasa dimunculkan pertama kali di Little Garden, di mana di situ dimunculkan dua raksasa sekaligus yaitu Dorry dan Broggy (chapter 96 atau episode 45). Tokoh berjenis raksasa lalu dimunculkan terus di beberapa arc ke depannya sampai raksasa terakhir yang muncul di arc Dressrosa yaitu Hajrudin (chapter 706 atau episode 639).

Raksasa di One Piece ada beberapa jenis yaitu:

1. Elbaf
Merupakan suku raksasa yang berasal dari pulau yang bernama Elbaf. Pulau tempat tinggal para raksasa ksatria ini pertama kali disebutkan di chapter 116 dan episode 71. Raksasa keturunan Elbaf terkenal sebagai raksasa yang pemberani dan punya harga diri tinggi. Mereka bahkan tidak segan bertarung untuk bertarung sampai ratusan tahun hanya untuk mendapatkan siapa pemenang sesungguhnya. Raksasa jenis ini dapat hidup sampai lebih dari 100 tahun, lihat contoh pada Dorry dan Broggy yang umurnya mencapai 158 tahun (sebelum timeskip, SBS Volume 19).
Raksasa keturunan Elbaf yang sudah diketahui adalah Dorry, Broggy, Oimo, Karsee dan Hajrudin. Lalu ada Blyue yang hanya muncul di game One Piece: Round The Land. Dan ada Panz Fry serta anaknya, Lily Enstomach yang hanya muncul di filler arc Ambisi Z.

2. Ras Raksasa Biasa
Tidak semua raksasa berasal dari Elbaf, contohnya adalah Jaguar D. Saulo. Saulo sendiri yang bilang kepada Robin kalau dia bukanlah raksasa yang berasal dari Elbaf (chapter 392 dan episode 275). Bahkan Saulo bilang kalau suku Elbaf adalah suku barbar. Selain Saulo kemungkinan raksasa lain yang tidak termasuk ras Elbaf adalah Lacroix, Ronse, John Giant, Bastille, Jean Bart dan Stansen. Lalu ada pula Bobby dan Pogo, salah satu tokoh minor di Movie 4: Dead End Race.

3. Kunihiki, atau dikenal juga sebagai ras penarik benua. 
Merupakan ras raksasa yang tidak berasal dari Elbaf juga. Hal ini dijelaskan oleh Oda di SBS Volume 49. Ras yang satu ini berasal dari pulau-pulau yang ada di area Grand Line. Yang membedakan ras ini dengan raksasa lain adalah warna kulit mereka yang cenderung beragam (merah dan hijau) serta mereka mempunyai sepasak tanduk besar serta gigi taring tajam yang mencuat dari rahang bawahnya. Menurut Chopper salah satu kelemahan ras ini adalah suhu dingin yang membeku (chapter 477 dan episode 371). Di episode 355 juga diketahui kalau raksasa dari suku ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 5x ukuran raksasa biasa.
Sejauh ini hanya ada dua tokoh yang berasal dari ras ini yaitu Odz dan Little Oars Jr.

4. Wotan
Adalah ras raksasa setengah fishman/merman. Ras ini muncul pertama kali di chapter 309 dan episode 210. Seperti yang dikatakan Robin di chapter 310 dan episde 211 ras Wotan tidak sebesar raksasa pada umumnya tapi mereka tetap lebih besar dari manusia biasa. Sebagai keturunan fishman/merman, sudah pasti di dalam diri mereka mengalir darah fishman/merman. Hal ini terbukti karena hampir keseluruhan kulit ras ini sangatlah licin, mereka jago berenang, mereka mempunyai kemampuan khusus manusia ikan seperti menghilang, serta mereka mempunyai sirip punggung dan sirip ekor. Sejauh ini di One Piece hanya ada dua tokoh berjenis Wotan, yaitu Big Pan, salah satu anak buah Foxy dan Sebastian, anggota bajak laut World di episode spesial 3D2Y.

5. Ras San Juan Wolf, belum diketahui apa nama ras ini. 
Hanya ada satu tokoh dari jenis ini yang muncul yaitu San Juan Wolf itu sendiri. Yang pasti ras ini bisa dikatakan ras makhluk hidup terbesar yang ada di dunia One Piece selain Sea King. Ukuran Wolf sendiri hampir menyamai Markas Utama Marine di Marineford. Tapi seperti yang dikatakan Vice Admiral Strawberry di chapter 576 dan episode 484, Wolf adalah satu-satunya raksasa di jenisnya.

Berdasarkan chapter 501 dan episode 395, harga seorang raksasa pria minimum 50.000.000 Berry sementara itu raksasa wanita minimum 10.000.000 Berry.

Mengenyampingkan ukuran tubuh, kekuatan dan daya tahan mereka diketahui kalau sejauh ini salah satu kelemahan para raksasa adalah tipu muslihat dan taktik. Seperti contoh Oimo dan Karsee yang ditipu Marine dengan memperkerjakan mereka sebagai penjaga gerbang. Lalu raksasa dapat ditipu dengan saling menjatuhkan lawan seperti saat Oimo memukul Karsee (chapter 378 atau episode 266 dan chapter 380 atau episode 267) atau Dorry menyerang Broggy. Mr. 3 juga menggunakan trik dengan meledakkan perut Dorry dengan memasukkan bom ke dalam sake yang diminumnya (chapter 119 atau episode 73). Pihak Galley-La dan keluarga Franky juga memakai beragam cara saat mengalahkan Oimo dan Karsee. Lalu di chapter 501 atau episode 395, Coffee Monkey menjelaskan trik mereka dengan menidurkan salah satu raksasa.

Sumber : One Piece Group

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons