Saturday 30 May 2015

Anime-Anime yang mempunyai banyak sekali pesan moral

Anime itu seperti halnya Sinetron, ada yang banyak pesan moralnya tetapi tidak sedikit yang justru merusak moral. Hal itu tidak terlepas dari perbedaan budaya kita dengan budaya Jepang. Pilih-pilih tontonan adalah salah satu cara agar pikiran dan budaya kita tidak berevolusi menjadi mendewakan Jepang.

Ada beberapa anime yang menurut saya memiliki banyak sekali pesan moral yang patut kita teladani dan bisa diaplikasikan lintas budaya. Karena apa yang kita nikmati adalah apa yang kita pelajari. Berikut adalah Anime-Anime yang mempunyai banyak sekali pesan moral versi Otaku Indonesia.

Assassination Classroom
Assassination Classroom
Di sini kita tidak hanya diajari untuk menjadi seorang guru yang sebenar-benarnya guru, tetapi juga belajar untuk menjadi murid yang baik, teman yang bisa diandalkan, dan keluarga yang saling mendukung.
Mungkin ada sedikit masalah dengan cara berpakaian salah satu guru wanitanya. Namun overall anime ini penuh sekali dengan pesan-pesan moral tentang keluarga, persahabatan, obsesi, pencapaian, mimpi, dan kebahagiaan yang dituturkan dengan cara yang tidak biasa dan menyenangkan. Out of The Box.

Naruto
Naruto Shippuden
Well, ini adalah anime mainstream yang berkali-kali akan membuat kalian meneteskan air mata karena haru, bukan karena sedih. Banyak sekali pesan moral (baca juga: Pesan moral terpenting Naruto ) yang di berikan oleh anime ini. Mulai dari persahabatan, hubungan orang tua dan anak, pesan guru dan murid, serta tentang mewujudkan cita-cita.

Anime - anime Olahraga
Tim Basket SMP Teiko
Saya begitu senang ketika beberapa tahun belakangan ini selalu ada anime olahraga di setiap musimnya. Anime-anime dengan genre ini seperti Kuroko No Basket, Eyeshield 21, Haikyu!!, Yowamushi Pedal, Diamon No Ace, Slam Dunk, dll memiliki semangat sportifitas dan fairplay yang mendarah daging dan menulari penikmatnya. Kita akan banyak belajar tentang semangat pantang menyerah, sportifitas, dan inovasi tiada henti untuk menjadi sang juara.

Great Teacher Onizuka
Great Teacher Onizuka
Well, ini anime lama yang sepertinya tidak akan pernah lekang oleh jaman. Kisah seorang guru yang menggunakan cara-cara yang tidak lazim untuk mengubah kelas anak-anak super nakal menjadi murid-murid baik, dan sahabat yang bisa dibanggakan ini sudah berkali-kali dibuat versi Dorama-nya. Namun tetap saja memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya.
Sama halnya dengan Assassination Calssroom, anime ini juga akan mengajari kita bagaimana menjadi seorang guru yang sesungguhnya, menjadi anak yang dibanggakan keluarga., menjadi sahabat yang bisa diandalkan.
Mungkin kelemahannya adalah dari segi cara dan bahasa Onizuka yang terkesan "brandalan" dalam mendidik. Namun, tidak ada pelajaran yang lebih berguna di dalam masyarakat melebihi "pendidikan dari jalanan".

2 komentar:

Haruun said...

One Piece masak ga ada :'(

Miliana said...

sayang banget one piece ga masuk

axisnet kuota gratis

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons