Monday, 18 January 2016

Sir Francis Drake, Sosok Bajak Laut dibalik karakter X-Drake

X-Drake merupakan salah satu dari 11 Supernova dalam serial manga bajak laut One Piece. Seperti beberapa nama bajak laut dalam serial ini, X-Drake juga diambil dari nama bajak laut asli yang pernah ada di dunia ini. 
Sir Francis Drake, Sosok Bajak Laut dibalik karakter X-Drake

Adalah Sir Francis Drake (1540 – 27 January 1596), sosok yang dipercayai sebagai model bagi karakter X-Drake. Sosok ini adalah kapten pelaut, navigator, penjual budak, sekaligus politisi pada era Ratu Elizabeth I.

Ratu Elizabeth I memberikan gelar Ksatria pada tahun 1581 karena dianggap berjasa dalam menjembatani pernikahan Ratu Elizabeth I dengan saudara raja Perancis, Francis, Duke of Anjou.

Pada tahun 1588 Drake mengemban misi sebagai wakil kapten dari armada pasukan Inggris saat berhadapan dengan pasukan Spanyol.

Bagi kerajaan Inggris Drake dianggap sebagai seorang pahlawan. Namun bagi orang-orang Spanyol, Drake dianggap sebagai bajak laut yang kejam. Konon Drake dikenal sebagai bajak laut yang selalu menghancurkan setiap gereja di tempat yang pernah dilaluinya.

Atas kekejamannya tersebut, orang-orang Spanyol sampai menjulukinya sebagai El Draque. Bahkan konon King Philip II sampai menawarkan bounty sebesar 20,000 ducats (sekitar 6,5 miliar USD) untuk kepala Drake.

Sir Francis Drake meninggal pada bulan Januari 1596 setelah gagal dalam penyerangan ke San Juan, Puerto Rico.

X-Drake dan Sir Francis Drake memang tidak begitu memiliki banyak kemiripan latar belakang. Keduanya hanya memiliki kemiripan dalam penamaan. Namun baik X-Drake maupun Sir Francis Drake keduanya sama-sama pernah menjadi bajak laut sekaligus Angkata Laut. 

Sebelum memimpin kelompok bajak lautnya sendiri, X-Drake adalah seorang prajurit angkatan laut. Sedangkan Sir Francis Drake merupakan angkatan laut bagi kerajaan Inggris, tetapi bajak laut bagi kerajaan Spanyol.

Bagaimana menurut kalian???

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons