Wednesday, 8 June 2016

7 Kemiripan Koutetsujou No Kabaneri dengan Shingeki No Kyojin

Koutetsujou No Kabaneri (KNK) merupakan salah satu anime paling bersinar di musim semi 2016 ini. Anime hasil produksi Wit Studio ini mampu menarik perhatian pecinta anime dunia dengan menyajikan ketegangan disetiap episodenya. 

Meskipun demikian tidak sedikit orang yang menganggap anime tentang zombie ini sangat mirip dengan Shingeki No Kyojin (SNK) yang notabene juga digarap oleh Wit Studio. Baik dari segi cerita hingga lagu temanya.

Berikut ini adalah 7 Kemiripan Koutetsujou No Kabaneri dengan Shingeki No Kyojin versi Otaku Indonesia:

1. Kabaneri vs Titan Shifter
Kabaneri vs Titan Shifter
Tokoh Utamanya sama-sama setengah monster. Ikoma merupakan Kabaneri (setengah manusia setengah Kabane) sedangkan Eren merupakan manusia yang bisa beurbah menjadi Titan. Keduanya juga sama-sama tidak tahu kenapa bisa memiliki wujud yang demikian di awal cerita.

2. Dinding Stasiun vs Dinding Titan
Dinding Stasiun vs Dinding Titan
Diceritakan dalam kedua anime tersebut bahwa manusia diambang kepunahan akibat serangan monster. Penduduk pun berlindung dibalik dinding yang tinggi. Bedanya KNK berlindung di balik dinding stasiun, sedangkan SNK berlindung di balik dinding raksasa. 

3. Kabane vs Titan
Kabane vs Titan
Baik Titan maupun Kabane asalnya tidak diketahui. Keduanya juga awalnya merupakan manusia yang tertular virus tertentu hingga berubah menjadi monster. Keduanya juga menyerang manusia dengan membabi buta tanpa diketahui alasannya. Bedanya hanya di ukuran tubuh dan titik kelemahannya saja.

4. Tsunaki Zutsu vs 3D manuver gear
Tsunaki Zutsu vs 3D manuver gear
Untuk mengalahkan Kabane, manusia menciptakan alat dengan tenaga tekanan udara yang disebut Tsunaki Zutsu. Sementara untuk mengalahkan Titan, manusia menciptakan 3D manuver gear dengan tenaga tekanan udara juga. Namun jika dilihat dari bentuknya Tsunaki Zutsu (KNK) sepertinya lebih mirip dengan Anti-Personnel Vertical Maneuvering Equipment (SNK).

5. Kemiripan karakter
 Kemiripan Koutetsujou No Kabaneri dengan Shingeki No Kyojin
Ikoma (KNK) yang lugu, keras kepala, dan berjiwa keadilan tinggi terkesan mirip sekali dengan Eren (SNK). Mumei (KNK) si cewek berambut pendek yang sangat kuat terlihat mirip Mikasa (SNK). Takumi (KNK) sang mekanik dan suka melerai Ikoma saat akan berkelahi mirip seperti Armin (SNK). Dan Ayame sang putri mirip seperti Historia (SNK).

6. Manusia mendekati kepunahan
Kedua anime ini berkisah tentang umat manusia yang mendekati kepunahan akibat serangan monster. Bedanya KNK settingnya di Jepang, sedangkan SNK mempunyai dunia sendiri.

7. Sama-sama tayang di musim Semi (Spring Anime)
Koutetsujou No Kabaneri tayang musim semi 2016. Sedangkan Shingeki No Kyojin tayang musim semi 2012. Apakah NoitaminA sengaja mengatur jadwal penayangannya sedemikian rupa???

Meskipun dibilang sangat mirip dengan Shingeki No Kyojin, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa Koutetsujou No Kabaneri memang anime yang layak tonton. Memiliki kualitas yang bagus baik dari segi cerita hingga audio visualnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons