Saturday 10 September 2016

Mugiwara One Piece Store: tempat jualan produk-produk One Piece ORI

Dulu waktu kami masih aktif jualan baju-baju anime ada pembeli yang nanya gini "Ini produknya ORI nggak mas?" Hmm, mungkin dia tidak tahu apa itu definisi ORI atau definisi ORI versi dirinya berbeda dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Hay sobat, produk anime ORI itu produk resmi yang membayar royalti ke pihak yang bersangkutan (mangaka dan atau distributor). Setau kami, untuk kasus one piece (selain Action Figure yang dari BANDAI), satu-satunya tempat resmi untuk membeli produk-produk One Piece yang ORI itu ya cuma di Mugiwara One Piece Store.

Saat ini Mugiwara One Piece store adanya baru di Jepang, Taiwan, dan yang terbaru di Thailand. Jadi kalo beli baju anime, stiker anime, ganci anime, dakimakura, dll di distro anime yang ada di Indonesia, jangan pernah nanya itu ORI atau kagak. Pastinya itu nggak ORI, karena pembuatnya nggak bayar royalti ke mangakanya. 

Masih halus dibilang nggak ORI atau KW. Secara hukum barang-barang seperti itu seharusnya sudah bisa disebut "ilegal" lho! Pernah denger kasus orang Jepang yang ditangkap polisi cuma karena jual duit  pecahan dollar yang ditempelin stiker One Piece? Padahal duitnya asli, tetapi karena stikernya dibuat tanpa ijin, maka masuk dalam kategori pembajakan, dan ditangkap polisi Jepang.

Ada lagi kasus mahasiswa dari China yang kuliah di Jepang kemudian memproduksi dan menjual dakimakura tanpa ijin untuk menutupi biaya kuliahnya. Ditangkap juga dia. Tuduhannya sama, menjual barang secara ilegal.

Di Indonesia gambar-gambar anime tidak hanya dibikin stiker terus dijual. Malah lebih komplit lagi, dari boxer sampai tas sekolah gambarnya juga anime. Dan karena negeri ini begitu ajaib, hal semacam itu nggak pernah dianggep ilegal.

Kalau ORI, harga jaket anime nggak mungkin cuma 200 ribuan, karena buat bayar royalti dan distribusinya saja masih nombok. Untuk kaos one piece ORI (legal) harganya saja sudah lebih dari 3000 Yen (sekitar 300 ribuan rupiah.)

Kita memang tidak bisa dengan seenaknya menyebut distro distro anime di Indonesia itu ilegal, meski secara hukum memang ilegal. Ya gimana lagi Pemerintah kita kan ajaib. Bisa bikin Undang Undang tetapi enggan menjalankannya dengan benar.
Jadi, seenggaknya kalo beli baju-baju anime di distro anime di Indonesia jangan pernah nanya ORI atau kagak. Ntar elu keliatan banget bego-nya, cuman sok gaul doank, tapi nggak paham ama yang diomongin. Kayak politikus senayan aja lu!!! Bacotnya doank intelek, IQ nya telek bebek.



0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons