Saturday, 30 January 2016

My 7 Winter Anime List 2015/2016

1. Dagashi Kashi
Dagashi Kashi
Anime Gokil yang bercerita seputar cemilan khas Jepang. 

2. Boku dake ga Inai Machi
Boku dake ga Inai Machi
Anime misteri yang berkisah tentang seseorang yang kembali ke masa kanak-kanak untuk menghentikan pembunuhan terhadap teman sekelasnya.

3. Ajin
ajin
Anime dark fantasy yang berkisah seputar sosok makhluk hidup baru yang tidak bisa mati yang disebut dengan Ajin.

4. Assassination Classroom season 2
Assassination Classroom season 2
Pelajaran pembunuhan kelas 3E SMP Kunugigaoka kembali berlanjut. Misi pembunuhan terhadap monster gurita yang menjadi wali kelas mereka memasuki semester baru.

5. Haikyuu!! season 2
Haikyuu!! season 2
Tim bola voli putra SMA Karasuno akhirnya mulai berlaga kembali di turnamen penyisihan wilayah antar SMA. Setelah kalah dari Aoba Johsei di turnamen yang sebelumnya, kini Karasuno bertekad untuk tidka kalah lagi, dan melaju hingga level Nasional.

6. Mobile Suit Gundam Iron blooded Orphans
Mobile Suit Gundam Iron blooded Orphans
Mobile Suit berteknologi lawas yang hanya bisa dikendalikan oleh anak-anak kembali bangkit dari masa tidurnya. Kali ini seorang anak berjuang mengendalikan kekuatan besarnya untuk membebaskan penduduk Mars dari perbudakan koloni Bumi.

7. Hai to Gensou no Grimgar
Hai to Gensou no Grimgar
Sekumpulan anak tiba-tiba terbangun di negeri yang tidak dikenal sebelumnya. Mereka harus belajar bertarung dan bergabung dalam sebuah kelompok untuk berburu monster agar dapat bertahan hidup di negeri tersebut.

7 Pose Paling Ikonik dalam Anime

Sekali liat pose ini, kalian pasti akan langsung tau dari anime apa, dan siapa karakter yang sering melakukannya. Saking ikoniknya, meski animenya sudah berakhir, tetapi pose tersebut masih tidak dapat kita lupakan dari benak kita. Ini lho 7 Pose Paling Ikonik dalam Anime versi Otaku Indonesia:

Pose Kamehameha
Pose Kamehameha

Pose Gear 2nd
Pose Gear 2nd

Pose Tembakan Jarak Jauh
Pose Tembakan Jarak Jauh

Pose Jurus Seribu Bayangan
Pose Jurus Seribu Bayangan

Pose Pahlawan Bertopeng
Pose Pahlawan Bertopeng

Pose Tifa
Pose Tifa

Phantom Shoot
Phantom Shoot
Gimana? Kalian langsung tahu kan itu pose-pose andalannya siapa dari anime apa? ^_^

Thursday, 28 January 2016

Coeg, Semua IMO tentang Sanji salah semua? [ONE PIECE 814+]

Weh heh heh, chapter 814 ini seperti sebuah tamparan keras bagi para peng-IMO One Piece. Termasuk saya pribadi. Ada yang ber IMO bahwa Sanji adalah pangeran kerajaan Lvneel di North Blue. Ada juga yang ber IMO bahwa Sanji adalah anak Tenryubito atau Gorosei. Saya sendiri ber IMO bahwa Sanji adalah anak keluarga Koki bangsawan mengingat sejak kecil Sanji sudah bekerja sebagai koki kapal pesiar di East Blue. Ternyata??? Jeng Jeng!!!

Vinsmock Family ternyata adalah sebuah keluarga Assassins. Nah loh, Oda emang, errrrrrr!!!

Tapi saya tidak mau kapok dalam ber-IMO. Selama masih sedikit masuk akal, saya akan tetap ber IMO, karena saya cinta One Piece. Karena IMO adalah bagian dari ekspresi kecintaan saya akan One Piece. Hidup IMO!!!

Tapi tidak untuk kali ini. Saya masih Syok!, karena IMO saya tentang keluarga Sanji tidak nyerempet babar blas. 

Tapi saya masih yakin kalau keluarga Vinsmock masih memiliki passion tentang masak memasak. Seperti Zeff si Bajak Laut Koki, mungkin Vinsmock adalah keluarga Assassins Koki. 

Perbedaan Saiyan Universe 6 dengan Universe 7 [Dragonball Super 08+]

Turnamen antara Universe 6 dan Universe 7 telah dimulai dengan test tertulis. Dari 10 petarung yang berlaga, hanya Majin Buu saja yang didiskualifikasi karena mendapatkan skor kurang dari 50 dalam ujian tertulis. Sementara Son Goku mendapatkan skor pas 50.
Perbedaan Saiyan Universe 6 dengan Universe 7

Akhirnya 4 orang ksatria Universe 7 akan melawan 5 orang ksatria Universe 6 dimana Son Goku menjadi petarung pertama yang berlaga melawan Potamo dari Universe 6. 

Sebelum turnamen dimulai, terjadi percakapan antara Goku, Vegeta dan seorang Saiyan dari Universe 6 yang bernama Cabba. 

Dari percakapan tersebut diketahui bahwa Saiyan di Universe 6 sangat berbeda dengan Saiyan Universe 7. Jika Saiyan di Universe 7 dikenal sebagai suku petarung yang jahat dan suka menyerang planet lain, Saiyan Universe 6 justru merupakan ksatria yang bertarung menegakkan hukum dan melawan penjahat.

Karena sifat baik Saiyan Universe 6, maka Planet Salad yang merupakan kampung halaman asli orang Saiyan masih ada sampai sekarang. Sementara di Universe 7 Planet Salad sudah lama hancur karena konflik internal antar Saiyan. Bahkan planet Vegeta yang menjadi planet kedua Saiyan pun juga hancur karena konflik yang sama.

Perbedaan lainnya adalah penduduk Saiyan Universe 6 saat ini sudah tidak ada lagi yang memiliki ekor. Sementara Saiyan Universe 7 jika masih hidup tentu masih banyak yang memiliki ekor.

Meskipun memiliki sifat dasar yang bertolak belakang, tetapi baik Saiyan Universe 6 maupun 7 masih memiliki ciri fisik yang sama, yaitu memiliki rambut lancip. Selain itu nama-nama mereka juga sama-sama diambil dari nama-nama makanan, terkhusus sayuran.

Wednesday, 27 January 2016

Review anime Winter 2016: Boku dake ga Inai Machi

Satoru Fujinuma (29) memiliki kemampuan aneh yang membuatnya bisa mengulang waktu. Ketika akan terjadi sesuatu yang buruk di sekitarnya, Sotaru seolah mengalami De Ja Vu yang membuatnya kembali kemasa 5 - 10 menit sebelum kejadian buruk terjadi.

Hingga suatu ketika dirinya menemukan ibunya dibunuh di apartemennya dan dirinya dituduh sebagai tersangkanya. Saat dalam pelarian Sotaru kembali mengalami pengulangan waktu. 

Namun berbeda dengan biasanya. Alih alih kembali ke waktu saat ibunya belum dibunuh, Satoru justru kembali ke masa 18 tahun lalu saat dirinya masih kelas 6 SD. Tepat sebulan sebelum teman sekelasnya yang bernama Kayo Hinazuki meninggal karena dibunuh saat itu. 

Apakah ada hubungan antara pembunuh Hinazuki dan pembunuh ibunya? Apakah itu juga berkaitan dengan kemampuan aneh yang dimiliki oleh Satoru? 

Kini Satoru yang kembali menjadi anak kecil harus berjuang sendirian mencegah kematian Hinazuki  dan mengungkap siapa pembunuhnya agar ibunya di masa depan tidak mati dibunuh.

Anime Boku dake ga Inai Machi ini memiliki alur cerita yang serius dan terbilang berat meskipun tokoh utamanya adalah anak kelas 6 SD. Sangat tidak dianjurkan untuk ditonton oleh anak-anak dibawah umur.

Bagi penggemar anime bergenre misteri semacam Another atau seperti Detective Conan, sepertinya akan juga menyukai anime Boku dake ga Inai Machi ini. Saya pribadi sangat menikmati setiap detik dari ceritanya. 

Sekedar info tambahan, Boku dake ga Inai Machi saat ini juga tengah digarap versi Live Actionnya. Rencananya Live Action Boku dake ga Inai Machi akan ditayangkan Maret tahun ini.

Apa itu Calm Belt?

Calm Belt merupakan dua area memanjang yang mengapit jalur Grand Line. Area ini adalah area tenang yang tidak memiliki arus laut ataupun arus angin. Tempat yang luar biasa pas untuk tempat peristirahatan para Sea King.
Apa itu Calm Belt?

Karena para Sea King memilih Calm Belt sebagai tempat bersarang, area ini kemudian disebut sebagai area paling berbahaya. Karena Calm Belt adalah area paling berbahaya, ini juga menjadi benteng alami yang melindungi Grand Line dari orang-orang yang ingin memasukinya.

Beberapa lokasi yang berada di jalur Calm Belt antara lain Pulau Wanita Amazon Lily, Rusukaina (tempat Luffy melatih Haki), dan penjara Impel Down. Karena tempat-tempat tersebut berada di jalur Calm Belt, tidak sembarangan orang bisa keluar masuk area tersebut.

Diketahui kemudian bahwa kapal Marine menggunakan pemecah ombak yang terbuat dari Sea Stone untuk dapat menyeberangi Calm Belt. Sementara belum diketahui pasti bagaimana kapal Bajak Laut Kuja bisa dengan mudah mondar mandir menyeberangi Calm Belt.

Sampai saat ini hanya Silver Rayleigh satu-satunya orang yang diketahui mampu menyeberangi Calm Belt dengan berenang. Yaitu saat dirinya berenang menuju Amazon Lily untuk menemui Luffy yang terluka parah setelah perang Marine.

Rekomendasi Anime: Dagashi Kashi

Kokonotsu adalah seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi seorang mangaka. Namun ayahnya sangat ingin dirinya meneruskan usaha toko cemilan yang sudah turun-temurun hingga generasi ke-8.
Dagashi Kashi

Suatu hari toko cemilan mereka kedatangan seorang gadis misterius. Gadis tersebut memiliki penampilan yang sangat mirip dengan karakter gadis cantik yang selalu digambar oleh Kokonotsu dalam setiap manganya. Namun ada yang aneh dengannya.

Gadis yang kemudian diketahui bernama Hotaru Shidare tersebut ternyata adalah pewaris dari keluarga Shidare yang juga bergerak di bidang penjualan cemilan. Kedatangannya ke toko milik keluarga Kokonotsu adalah untuk merekrut ayah Kokonotsu yang dia sebut sebagai "Legenda" untuk bekerja di perusahaan ayahnya.

Satu-satunya cara agar ayah Kokonotsu bisa menerima tawaran tersebut adalah jika Kokonotsu mau menjadi pewaris toko cemilan. Hotaru pun mulai bertindak untuk meyakinkan Kokonotsu bahwa mewarisi toko cemilan adalah sesuatu yang sangat keren. 

Meskipun penampilannya terlihat cantik, dewasa dan sexy, tetapi ternyata Hotaru memiliki sifat yang kekanak-kanakan, sangat imajinatif, dan memiliki pengetahuan yang super gila tentang dunia cemilan. Ngemil menjadi seperti passion hidupnya. Herannya tubuhnya tetap sexy meski ngemil terus.

Menjadikan perekrutan ayah Kokonotsu menjadi misi hidupnya, Hotaru terus mencoba untuk meyakinkan Kokonotsu agar mau mewarisi toko cemilan keluarganya. beragam cara yang out of the box benar-benar dilakukan oleh gadis kawai yang koplak ini. Mampukah Hotaru meyakinkan Kokonotsu?

Anime Dagashi Kashi memiliki ide cerita yang ringan dan sangat menghibur. Selain tentang makanan, manga, dan dunia permainan anak-anak, ada sedikit bumbu-bumbu romantisme cinta monyetnya juga antara Kokonotsu-Hotaru dan seorang gadis kawai bernama Saya.

Jika boleh dibandingkan dengan anime lain, saya akan bilang bahwa Dagashi Kashi adalah gabungan dari Bakuman-Nisekoi-Shokugeki No Soma-Gintama- dan Si Bolang.

Melalui cara-cara yang koplak, kita akan dicekoki pengetahuan tentang beragam cemilan khas Jepang. Ditambah dengan permainan-permainan populer anak-anak di Jepang yang ternyata beberapa diantaranya juga sering kita mainkan di Indonesia. 

Bagi yang suka dengan Anime Nisekoi, Bakuman, atau Shokugeki No Soma, saya berani bertaruh kalian juga akan suka dengan Dagashi Kashi

Dengan agak was was saya merekomendasikan Dagashi Kashi sebagai salah satu anime komedi romantis musim dingin 2015/2016 yang sangat layak kalian tonton. 

Tuesday, 26 January 2016

Ternyata ada Titan yang lebih besar dari Colosal Titan

Selama ini yang kita tahu Colosal Titan adalah Titan yang berukuran paling besar dengan tinggi sekitar 60-an meter. Saking besarnya, kepala Colosal Titan mampu melongok hingga ke balik dinding.
Skala perbandingan ukuran TItan

Namun setelah keluar manga Attack On Titan chapter 67, gelar Titan yang berukuran paling besar tidak lagi dipegang oleh Colosal Titan. Melainkan dipegang oleh Titan Rod Reiss.

Sayangnya, Rod Reiss yang telah berubah menjadi Titan, hanya menjadi Titan biasa, bukan Titan Shifter. Jadi dia tidak memiliki kendali sama sekali terhadap tubuh Titannya. 

So, meskipun ukuran tubuhnya lebih besar dari Colosal Titan, tetapi dia tidak lebih berbahaya dibandingkan dengan Colosal Titan, karena Titan Rod Reiss hanya bergerak berdasarkan naluri, tanpa rencana.
Rod Reiss Titan
ROD REISS TITAN



God Serena ternyata adalah Dragon Slayer Hybrid [FAIRY TAIL 470+]

Pada chapter 469 God Serena dengan begitu mudahnya mengalahkan 4 orang penyihir suci. Pada chapter 470 terungkap bahwa God Serena ternyata juga adalah seorang Dragon Slayer. 
God Serena ternyata adalah Dragon Slayer Hybrid

Namun anehnya God Serena tidak hanya mampu menggunakan satu jenis Dragon Slayer Magic seperti kebanyakan Dragon Slayer pada umumnya. Setelah menggunakan Dragon Slayer Magic tipe tanah, berikutnya God Serena menggunakan Dragon Slayer Magic tipe api, air, dan angin. Apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata God Serena adalah tipe Dragon Slayer generasi kedua. Dia memperoleh kemampuan Dragon Slayer Magic berkat Dragon Lacrima yang ditanamkan di dalam tubuhnya. 

Perbedaan God Serena dengan Dragon Slayer Generasi kedua lainnya adalah God Serena tidak hanya memiliki 1 Dragon Lacrima di dalam tubuhnya. Melainkan ada 8 buah Dragon Lacrima. Oleh karena itu dia mampu menggunakan 8 Jenis Dragon Slayer Magic. Namun apes, sebelum dia pamer lebih jauh tentang kekuatan hybridnya tersebut, perutnya sudah dirobek abis oleh Acnologia.

Karena memiliki 8 buah Dragon Lacrima di dalam tubuhnya, bisa diasumsikan bahwa God Serena memiliki kekuatan 8 orang Dragon Slayer. Tidak mengherankan jika dirinya bisa dengan begitu mudahnya mengalahkan 4 orang Penyihir Suci.

Meskipun demikian ternyata kekuatannya masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan kemampuan si raja naga, Acnologia. Dengan begitu mudahnya Acnologia membuat God Serena tersungkur dengan perut terburai.

Pada chapter ini, secara logika ditegaskan bahwa kekuatan Acnologia melebihi kekuatan 8 orang Dragon Slayer. Jadi akan sangat mustahil jika nanti Natsu akan mengalahkannya sendirian. Meskipun dia adalah tokoh utama.

Kesimpulannya untuk mengalahkan Acnologia, ketujuh Dragon Slayer yang tersisa setidaknya harus menggabungkan kekuatan mereka guna mengimbangi Acnologia. Teori yang paling memungkinkan adalah membiarkan Natsu memakan ketujuh elemen Dragon Slayer tersebut. Seperti saat Gajeel memakan shadow untuk memasuki mode Iron Dragon Shadow.

Namun hal tersebut pasti tidak akan mudah, karena ternyata tujuan Acnologia nimbrung dalam perang antara Zeref vs Fairy Tail adalah untuk membunuh semua Dragon Slayer yang tersisa. Jadi, kemungkinan tidak akan genap 7 Dragon Slayer yang akan "fusion" guna mengalahkan Acnologia. Maka dari itu campur tangan Zeref mungkin akan sedikit melemahkan Acnologia nanti.

Kemungkinan besar akan ada Dragon Slayer yang akan mati lagi ditangan Acnologia sebelum Acnologia bertemu Natsu. Kira-kira siapa ya? Sting, Rogue, Laxus atau Cobra?
jual jaket anime fairy tail keren

7 Keunikan Roronoa Zoro yang tidak dimiliki anggota SHP yang lain

Roronoa Zoro rutin menduduki posisi kedua sebagai karakter One Piece paling populer dalam beberapa kali poling. Hanya poling terakhir kemaren saja posisinya digusur oleh Trafalgar Law.
7 Keunikan Roronoa Zoro yang tidak dimiliki anggota SHP yang lain

Kira-kira apa sih hal yang menarik dari karakter pendekar pedang buta arah ini dibandingkan dengan karakter SHP yang lain? Kok dia bisa stabil sebagai salah satu karakter paling populer One Piece? Kita punya 7 Keunikan Roronoa Zoro yang tidak dimiliki anggota SHP yang lain, sebagai berikut:
  1. Roronoa Zoro merupakan satu-satunya anggota SHP yang namanya diambil dari nama bajak laut asli yaitu,  Fran├žois l'Ollonais.
  2. Roronoa Zoro merupakan satu-satunya kru SHP yang matanya cuma satu.
  3. Roronoa Zoro merupakan satu-satunya kru SHP, bahkan satu-satunya di dunia One Piece yang bertarung menggunakan 3 pedang.
  4. Roronoa Zoro merupakan satu-satunya yang dicari oleh Luffy untuk diajak bergabung dengan SHP, bahkan saat Luffy baru mendengar namanya saja, belum benar-benar bertemu dengannya.
  5. Roronoa Zoro merupakan satu-satunya kru SHP yang dilatih oleh Shicibukai. (Dracule Mihawk)
  6. Roronoa Zoro merupakan kru SHP yang memiliki pengisi suara versi Bahasa Inggris paling banyak. (2 sebagai Zoro dewasa, dan 4 sebagai Zoro anak-anak)
  7. Roronoa Zoro merupakan satu-satunya kru SHP yang buta arah. Selalu tersesat. Bahkan Luffy yang sembrononya minta ampun, masih tahu jalan.

Monday, 25 January 2016

Ini lho Peta Lautan Dunia One Piece

Di dunia One piece peta dunia terbagi dalam 4 wilayah lautan besar yaitu North Blue, East Blue, West Blue, dan South Blue. Keempat wilayah laut ini dipisahkan oleh daratan memanjang yang disebut Red Line. 

Selain Red Line, ada lagi wilayah memanjang yang memisahkan keempat lautan tersebut yang disebut Calm Belt. Di tengah-tengah Calm Belt tersebut terhamparlah New World dan Grand Line. Nah loh! Mumet kan bayanginnya? Mending liat aja Peta Lautan di Dunia One Piece di bawah ini dah!
Peta Lautan di Dunia One Piece

Penjelasan Singkat tentang Tumor yang diderita Natsu [FAIRY TAIL 469+]

Pada manga Fairy Tail chapter 469, Natsu tiba-tiba pingsan, jantungnya berhenti berdetak, dan didiagnosa memiliki Anti-Ethernano Tumor di dalam tubuhnya yang dapat mengancam nyawanya jika tidak segera ditangani.

Menurut Porlyusica, satu-satunya cara mengobati Anti-Ethernano Tumor adalah dengan melakukan operasi. Namun tidak ada dokter bedah di Ishgar. Untungnya di sana ada Brandish yang memiliki sihir yang dapat memanipulasi ukuran massa benda apapun.

Dengan kemampuan sihirnya, Brandish menyusutkan ukuran tumor di tubuh Natsu hingga ukuran yang sama sekali tidak berbahaya. Nyawa Natsu akhirnya tertolong. Lalu, bagaimana Natsu bisa menderita Anti-Ethernano Tumor?

Anti-Ethernano Tumor muncul akibat dari terlalu sering menggunaan kekuatan sihir hingga batas maksimal. Seperti yang kita tahu, Natsu mengalami koma setelah dia melayangkan pukulan terakhir dari sisa sihir Igneel yang ditanamkan di lengannya.

Setelah kekuatan tersebut dilepaskan seutuhnya, tattoo naga di lengan Natsu menghilang. Setelah itu Natsu pingsan. Kemungkinan untuk dapat men-develope kekuatan Igneel tersebut Natsu menjalani latihan yang sangat keras hingga melampaui batas-batas kemampuan fisiknya.

Namun bukankah semua anggota Fairy Tail melakukan latihan hingga melampaui batas-batas kemampuan fisik mereka? Kenapa hanya Natsu yang mengalami Anti-Ethernano Tumor? Nah itu dia bagian yang masih menjadi misteri.

Kita tunggu saja penjelasan di chapter beirkutnya. 
jual jaket anime fairy tail keren

Review Anime: Ajin

Sinopsis singkat:

Ajin merupakan sebutan untuk spesies makhluk hidup baru yang pertama kali muncul 17 tahun lalu di Afrika. Penampilan fisik Ajin sama seperti manusia biasa. Hanya saja mereka disebut-sebut sebagai makhluk abadi yang tidak bisa mati. 

Meskipun Ajin belum dipastikan sebagai ancaman umat manusia, tetapi keberadaannya membuat dunia gempar. Teruma kalangan ilmuwan dan militer yang ingin meneliti tentang genetikanya yang unik. Ada imbalan besar bagi siapa yang bisa menangkap mereka. 

Belum diketahui pasti apa itu sebenarnya Ajin. Di dunia saat ini sudah teridentifikasi terdapat 46 Ajin. Dua diantaranya berada di Jepang. Jumlah tersebut bertambah menjadi 47 setelah seorang anak SMA bernama Nagai Kei tertabrak truk saat menyeberang jalan. 

Kei seharusnya mati karena tertabrak truk hingga terluka parah. Namun dia justru bangkit dan pulih seperti tidak pernah terjadi kecelakaan. Keanehan yang terjadi padanya tersebut sontak membuat seluruh orang yang melihatnya panik.

Kei sama sekali tidak tahu kenapa dirinya bisa seperti itu. Dia juga tidak percaya bahwa dirinya adalah salah satu Ajin. Menyadari dirinya adalah makhluk aneh, Kei segera menjadi target penangkapan. Tidak ada lagi orang yang bisa dia percaya. Kecuali satu teman masa kecilnya, Kaito, yang kemudian membantunya kabur.

Pelarian Kei dan Kaito dari kejaran orang-orang yang ingin menangkapnya menjadi awal dari petualangan horor anime Ajin ini. Satu per satu misteri tentang Ajin mulai terkuak seiring perjalanan keduanya.

Adaptasi Anime:

Gaya gambar anime Ajin terlihat sangat mirip dengan gaya gambar anime God Eater. Nuansanya terasa lebih gelap. Meskipun dibuat seolah lebih 3D, tetapi untuk yang terbiasa menonton anime normal yang gaya garis gambarnya tegas, model-model seperti ini akan terasa agak gimana gitu.

Dari segi cerita, Ajin versi anime rasanya lebih mudah diikuti alur ceritanya dari pada membaca versi manga-nya yang terkesan lompat-lompat. Meski patut diakui juga bahwa penggambaran versi manga terlihat lebih jelas.

Bagi yang suka dengan genre misteri atau dark fantasy yang mempunyai alur cerita yang agak berat, rasanya Ajin cocok untuk kalian masukkan dalam list anime musim dingin 2015/2016 yang layak tonton

Kesalahan-kesalahan produksi yang pernah terjadi dalam penggambaran Roronoa Zoro

Kemungkinan karakter Roronoa Zoro adalah karakter yang paling banyak mengalami kesalahan dalam produksi selama serialisasi manga dan anime One Piece. Terutama soal penampilannya setelah Time Skip.

Mungkin tidak semua orang menyadari jika ada kesalahan dalam penggambaran Zoro. Namun bagi fans one piece yang sangat teliti hal tersebut bisa disadari.

Berikut adalah beberapa kesalahan produksi yang pernah terjadi dalam penggambaran Roronoa Zoro:

1. Pada poster Wanted Zoro yang pertama kali muncul di anime episode 130, tidak terdapat bayangan Usopp. Kemudian pada episode 152, kesalahan tersebut dikoreksi.


2. Pada manga chapter 598, luka di mata Zoro digambarkan ada di sebelah kanan. Kemudian pada chapter 599 dikoreksi menjadi di sebelah kiri. oda kemudian menyebutkan bahwa yang ada di chapter 599 adalah yang benar.


3. Pada manga One Piece chapter 698, pada panel-panel akhir, bentuk luka di dada Zoro bukan diagonal, melainkan luka bakar mirip lukanya Luffy. 

4. Pada Cover Manga 699, Zoro justru tidak memiliki luka di mata kirinya. Kesalahan pada chapter 698 dan 699 ini ini kemudian dikoreksi pada Manga Volume 70.

Sunday, 24 January 2016

10 Tanda kalian adalah fans anime yang menyebalkan

Menjadi fans anime itu hak asasi boy. Siapa saja boleh menjadi fans anime apa aja. Mau tua, muda, kaya, miskin, Sarjana, Drop Out, Bangsawan, cecunguk, bebas-bebas saja menjadi fans anime. Mau jadi fans anime mainstream, anti mainstream, anime gokil atau anime centil, nggak ada yang ngelarang tuh! 

Tapi di luar sana ada saja fans anime yang menyebalkan. Bicaranya kasar, sok elit, sok tau, mbribiki, njuwawik, terserah kalian sebut apa saja mereka. Namun pastikan jangan sampai kalian bertemu dengan mereka. Menyebalkan pokoknya! Apalagi kalian sampai menjadi salah satu dari mereka. Amit amit dah!

Kenali ciri fans anime yang menyebalkan sebagai berikut, agar kalian bisa selamat dunia akherat:

1. Sok anti Mainstream.
Wuh, rasanya kalau kita cuma nonton One Piece sama Naruto, nggak boleh disebut pecinta anime. Harus nonton anime yang nggak tau apalah itu ceritanya baru dianggap pecinta anime. 

2. Mainstream gila
Nah yang ini kebalikannya. Nontonnya cuma Naruto, jadi ngerasa tau segalanya tentang Naruto. Kalau ada yang punya IMO tentang karakter baru misalnya. Mulutnya langsung becek. Kotoran dan ternaknya keluar semua. Padahal IMO nya juga nggak ada dasarnya. Tapi ngerasa yang paling bener. Yang lain, lewat!

3. Anti Dubbing
Pokoknya kalo nonton anime harus yang asli dubbing Jepang. Kalo ada anime yang tayang di TV pake dubbing Indo, dimaki-maki. Nggak cocok lah ini lah itu lah.

4. Pura-pura minta rekomendasi anime
Nah yang ini juga banyak tuh. Ceritanya dianya nggak tau pingin nonton anime apa lagi. Kita kasih deh rekomendasi anime yang menurut kita bagus. Eh, dianya bilang jelek, padahal belum nonton. Terus malah balik ngasih kita rekomendasi anime yang dia suka. Padahal kita dah nonton dan menurut kita ancur.

5. Anime yang bagus itu cuma yang gue suka
"Apaan anime kayak gitu ditonton. Anime jablay. Nonton tuh anime ini. Josh gandos! Selera lu payah banget sih!" Pernah nggak lu denger anak bilang gitu? Jauh-jauh deh!

6. Spoiler Mania
Nonton anime yang udah diceritain isi ceritanya full sama nih anak kan nggak asik kan ya?

7. Maksa orang buat nonton anime yang dia tonton
Dikit-dikit dianya cerita tentang anime yang dia suka. Alih alih merekomendasikan, dianya malah kayak maksa kita buat harus kudu nonton anime yang dia tonton. Nah loh!

8. Sok Ngomong Jepang
Ada sisi baiknya sih. Jadi berani nyoba belajar ngomong Jepang. Tapi... kalo dikit dikit ngomong bahasa Jepang Sub Anime yang dianya aja nggak gitu ngerti artinya, ya panas juga di kuping... Taunya cuma ikeh ikeh doank. Dikit dikit bilang ikeh ikeh... Lagian ikeh ikeh itu bahasa Jepang apa sih?

9. Sok jadi Kritikus
Ngasih rating anime nggak pernah di atas 6 dari 10. Penilaiannya cuma masalah dia suka atau enggak. Tapi lagaknya kayak tau kualitas anime.

10. Menebar kebencian
Ini nih yang paling bahaya. Dianya mungkin sebenarnya nggak suka suka amat nonton anime. Tapi biar keliatan pro anime, dianya coba menonjolkan diri. Dibilang kalau nggak suka anime nggak gaul. Anime lebih bagus dari Sinetron. Anime inilah itu lah... Aishhh...

Ngasih info boleh lah. Berpendapat dan nggak sependapat juga nggak masalah. Tapi bahasanya itu lho! Dijaga... ^_^

Video Bankai Rukia bikinan Fans yang super cool

Pada manga Bleach chapter 569 - 570, Rukia untuk pertama kalinya mengeluarkan Bankai-nya yang disebut Hakka no Togame. Bankai Rukia ini membuat penampilan Rukia berubah 360 derajat, dari yang berpakaian serba hitam berubah menjadi serba putih.
Hakka no Togame, Bankai Rukia

Dengan Bankai-nya ini Rukia menjadi seperti dewi es yang membuat sekelilingnya mencapai titik suhu nol. Sayangnya anime Bleach saat ini sedang Off. Jadi masih belum pasti kapan kita bisa melihat chapter ini dihidupkan dalam versi anime. 

Namun seorang fans Bleach berhasil menghidupkan Bankai Rukia dalam versi anime singkat yang keren abis. Melalui akun YouTube yang bernama Bleach Brasil, Bankai Rukia berhasil dihidupkan dalam versi anime dengan sangat apik sekali. 

Penasaran? Simak videonya di bawah ini!

Bartholomew Roberts, Bajak Laut Legendaris dibalik Karakter Bartholomew Kuma

Bartholomew Roberts atau dikenal juga dengan nama Black Bart (17 Mei 1682 – 10 Februari 1722) merupakan bajak laut Welsh yang merompak kapal-kapal Amerika dan Afrika Barat dari tahun 1719 - 1722.
Bartholomew Roberts, Bajak Laut Legendaris dibalik Karakter Bartholomew Kuma

Diukur dari jumlah kapal yang sudah berhasil dibajaknya, Bartholomew Roberts termasuk salah satu bajak laut paling sukses di era keemasan bajak laut. Diperkirakan sekitar 470 hasil jarahan yang sudah diraihnya selama karirnya.

Yang berbeda dari Bartholomew Roberts dibandingkan dengan bajak laut lainnya adalah Roberts tidak suka mabuk-mabukan. Dia lebih suka minum teh dari pada minum anggur. Ironisnya kelompoknya hancur justru karena anak buahnya diserang setelah mabuk-mabukan.

Selain itu, rumor lain menyebutkan bahwa Robert adalah seorang Sabbatarian (penganut Sabbat, mengistimewakan hari Sabtu seperti kaum Yahudi.)

Robert juga dikenal tidak terlalu kejam terhadap tawanannya. Dia juga sangat kooperatif terhadap anak buahnya. Dia tak segan memberikan hadiah bagi anak buahnya atas keberhasilannya menjarah kapal. 

Dari latar belakang tersebut di atas, jelas karakter Bartholomew Kuma tidak hanya memiliki nama yang mirip dengan Bartholomew Roberts. Namun kepribadiannya yang terbilang cukup baik serta religius, juga nampak pada penampilan Bartholomew Kuma.

Bagaimana menurut kalian?

IMO: Kurohige adalah satu-satunya orang yang tau tentang Will of D.

Jauh sebelum Shanks bertemu dengan Luffy, dia sudah memiliki luka di matanya. Terungkap kemudian bahwa luka tersebut adalah hasil perbuatan Kurohige. Bagaimana bisa? Padahal saat itu Kurohige belum memiliki kekuatan buah setan, karena Yami Yami No Mi baru ditemukan setelah Ace dan Kurohige bergabung dengan Whitebeard Pirates?
Kurohige adalah satu-satunya orang yang tau tentang Will of D.

Teori kami adalah Shanks pernah dekat dengan Kurohige sebelum membentuk kelompok bajak lautnya sendiri. Mengingat umur Shanks (39) dan Kurohige (40), kemungkinan keduanya pernah terpikir untuk membentuk kelompok bajak laut bersama.

Sebelum memiliki kelompok bajak laut sendiri, Shanks adalah anggota kelompok Gol D. Roger. Saya yakin dia adalah anak buah kesayangan Roger. Sehingga Roger mempercayakan topi jeraminya kepadanya. Selain topi jeraminya, Roger juga bercerita banyak tentang "will of D" kepada Shanks dan tentang "orang yang dia tunggu di masa depan".

Karena Shanks bukanlah penyandang nama "D" maka posisi Shanks hanyalah sebagai penyampai pesan Roger kepada orang yang dia tunggu tersebut. Shanks juga tidak begitu mengerti tentang apa itu will of D. Dia hanya mendengarkan apa yang Roger katakan tetapi tidak tau pasti apa maksudnya.

Setelah kematian Roger, Shanks bertemu dengan Kurohige. Mengetahui bahwa Kurohige adalah penyandang nama "D" Shanks jadi teringat tentang "orang yang ditunggu" yang dikatakan oleh Roger. Shanks dan Kurohige pun menjadi lebih akrab dan bercerita tentang banyak hal, termasuk will of D dan "orang yang ditunggu Roger."

Shanks hanya menceritakan apa yang Roger pernah katakan. Sementara Kurohige menjadi sangat terobsesi dengan cerita tersebut, dan berpikir bahwa dirinyalah "orang yang ditunggu Roger." Obsesinya tersebut membuat Kurohige mengumpulkan lebih banyak informasi tentang will of D dan mencari tahu tentang kekuatan buah setan.

Awalnya Shanks senang melihat ketertarikan Kurohige tentang ceritanya tersebut, dan berniat memberikan topi jeraminya tersebut kepadanya. Namun lama-lama sifat Kurohige berubah ke arah yang haus kekuasaan. Terlebih lagi setelah Kurohige terobsesi dengan kekuatan buah setan Yami Yami No Mi

Hal tersebut membuat Shanks berpikir ulang untuk mempercayakan topi jeraminya kepada Kurohige. Kurohige yang merasa di PHP menjadi marah kepada Shanks. Karena Shanks menganggap Kurohige adalah teman, dia tidak punya niat untuk melukainya. Namun Kurohige bertindak lain, dia melukai Shanks dan pergi meninggalkannya.

Ketertarikan Kurohige kepada Yami Yami No Mi kemudian mendorongnya untuk bergabung dengan kelompok Whitebeard. Tidak untuk mengabdi, tetapi hanya untuk menumpang agar obsesinya menemukan Yami Yami No Mi menjadi lebih mudah.

Jadi pada intinya, Kurohige sebenarnya sudah tahu tentang apa itu "will of D." dari Shanks. Sayangnya dia mengambil jalan yang salah arah.

Kemungkinan will of D berkaitan tentang orang terpilih yang akan memimpin bangkitnya klan D untuk kembali menguasai dunia. Kemungkinan Klan D adalah penguasa abad yang hilang. Dan Kurohige merasa sebagai pewaris kekuasaan tersebut karena juga menyandang nama D.

Karena latar belakang itulah. Shanks menganggap Kurohige adalah orang yang sangat berbahaya. Bahkan sebelum dunia menyadari keberadaannya.

Saturday, 23 January 2016

7 Fakta Unik Sailor Moon yang mungkin kalian belum tahu

Sailor Moon merupakan salah satu anime cewek yang saya tonton waktu muda dulu. Adegan yang selalu dinanti-nantikan adalah saat para sailor berubah. Jiwa laki nakal saya seperti terhipnotis saat melihat para Sailor berganti baju. Haha...
7 Fakta Unik Sailor Moon yang mungkin kalian belum tahu

Meski Sailor Moon terkesan seperti anime anak biasa, sebenarnya ada banyak perubahan dari versi aslinya di Jepang yang dianggap tidak sesuai di luar Jepang. Banyak juga fakta unik mengenai anime ini yang mungkin belum kalian ketahui. Dan berikut ini adalah 7 Fakta Unik Sailor Moon yang mungkin kalian belum tahu:
  1. Sailor Uranus dan Sailor Neptunus adalah pasangan lesbi dalam versi aslinya.
  2. Sailor Moon tidak ditayangkan sampai tamat di Indonesia, salah satu alasannya karena pada episode final Usagi a.k.a Sailormoon bertarung telanjang bulat.
  3. Dalam Mitologi Yunani, Pluto adalah Dewa Kematian, sedangkan Saturnus adalah Dewa Waktu. Namun dalam Sailormoon kondisinya dibalik. Sailor Pluto adalah penguasa waktu, sedangkan Sailor Saturnus adalah penguasa kematian.
  4. Percaya atau tidak, konon Sailor Moon terinspirasi dari serial Mighty Morphin Power Rangers lho!
  5. Meski Sailormoon adalah serial Jepang, tetapi nama-nama jurusnya berbahasa Inggris. Salah satu alasannya adalah orang Jepang merasa keren kalau ngomong pakai bahasa Inggris.
  6. Nama-nama orang di keluarganya Usagi sebenarnya adalah nama-nama asli dari keluarga sang mangakanya, Naoko Takeuchi.
  7. Mangaka Sailor Moon pada akhirnya menikah dengan Mangaka Hunter X Hunte, lho!

Ini lho orang yang tidak akan mati meski namanya ditulis di Death Note

Siapa saja yang nama aslinya ditulis di dalam buku Death Note maka dipastikan nyawanya tidak akan bisa diselamatkan lagi. Karena tidak ada yang bisa menghapus nama yang sudah ditulis di dalam Death Note. 

Namun dalam "Rule IX" ada dua tipe orang yang tidak akan mati meskipun nama aslinya sudah ditulis di dalam Death Note. Mereka adalah:

1. Orang yang usianya dibawah 780 hari.
2. Orang yang namanya sudah 4 kali salah eja.

So, Sempetin baca buku panduannya dulu yak sebelum asal nulis nama penjahat di dalam Death Note mu. Ha... ^_^

Daftar Lengkap Judul Anime Dragon Ball The Movie

Sebagai salah satu anime legendaris, tidak mengherankan jika Dragon Ball memiliki belasan anime movie. Tidak hanya anime Movie, beberapa kali Dragon Ball juga diangkat menjadi film live action oleh PH di luar Jepang, termasuk Hollywood.

Untuk mengenang kejayaan anime Dragon Ball di masa-masa saya masih kecil dulu, kali ini saya akan memberikan Daftar Lengkap Judul Anime Dragon Ball The Movie. Semoga membantu kalian untuk bernostalgia. Sama seperti saya. He...

Movie 1: The Legend of Shenlong
Movie 1: The Legend of Shenlong
Dikenal juga dengan Dragon Ball: Curse of the Blood Rubies. Anime movie yang pertama tayang 20 Desember 1986 ini berkisah tentang awal mula perjalanan Son Goku kecil mencari Dragon Ball.

Film ini berkisah tentang awal pertemuan Goku dengan Bulma, Oolong, Yamcha, Puar, hingga Jin Kura-kura.

Movie 2: Sleeping Princess in the Devil's Castle
Movie 2: Sleeping Princess in the Devil's Castle
Tayang perdana pada 18 Juli 1987 di Jepang. Goku kecil berusaha merayu Jin Kura-kura untuk mau menjadikannya murid.

Pada saat bersamaan Krilin juga datang untuk melamar menjadi murid. Untuk menguji keduanya, Jin Kura-kura menyuruh Goku dan Krilin pergi ke sebuah kastil tempat seorang putri cantik tertidur.

 Siapa yang berhasil membawa putri tersebut maka akan diangkat menjadi murid.

Pada seri ini, Son Goku kecil berubah menjadi monyet raksasa saat bulan purnama. Bagaimana jadinya ya?

Movie 3: Mystical Great Adventure
Movie 3: Mystical Great Adventure
Pertama tayang 9 Juli 1988 anime ini masih berkisah tentang Son Goku kecil. Kali ini Goku dan Krilin sudah diterima menjadi murid jin kura-kura dan tengah berlatih untuk mengikuti turnamen beladiri.

Musuh utama pada movie kali ini adalah pasukan pita merah yang di dalamnya terdapat orang hebat bernama Tao. Dalam movie ini juga Son Goku akan berkolaborasi dengan Arale untuk mengalahkan Tao.

Movie 4: Return My Gohan!!
Movie 4: Return My Gohan!!
Dikenal juga dengan Dragon Ball Z: Dead Zone. Kali ini Son Goku sudah menikah dengan Chi Chi dan memiliki anak bernama Gohan.

Musuh kali ini adalah Garlic Jr. yang menculik Gohan untuk mendapatkan Dragon Ball bintang 4 yang ada di topi Gohan.

Goku dibantu Picolo dan yang lainnya kemudian mulai mencari Garlic Jr. untuk mendapatkan Gohan kembali.

Movie 5: The Strongest Guy in the World
Movie 5: The Strongest Guy in the World
Dikenal juga dengan Dragon Ball Z: The World's Strongest.  Dr. Wheelo mencari orang terkuat yang ada di Bumi untuk menciptakan sebuah robot terkuat.

Goku menjadi sasaran utamanya. Picolo yang telah dicuci otak harus kembali bertarung melawan Son Goku.

Sementara Gohan masih belum bisa mengendalikan kekuatan besar yang tertidur di dalam dirinya.

Movie 6: The Decisive Battle for the Entire Earth
Movie 6: The Decisive Battle for the Entire Earth
Dikenal juga dengan Dragon Ball Z: The Tree of Might. Seorang Saiyan bernama Turles dikirim ke Bumi untuk menanam biji Shinseiju (Tree of Godly Might).

Pohon itu akan menyerap kekuatan Bumi dan menyimpannya dalam bentuk buah. Barang siapa memakan buah tersebut akan memiliki kekuatan yang sangat besar.

Bagaimana Goku dan kawan-kawan menghentikannya?

Movie 7: Super Saiyan Son Goku
Movie 7: Super Saiyan Son Goku
Dikenal juga dengan judul Dragon Ball Z: Lord Slug. Sebuah meteor akan menabrak Bumi. Goku dan kawan-kawan berhasil mengahncurkannya sebelum menabrak Bumi.

Namun setelah ledakan, tiba-tiba muncul kastil aneh yang dihuni oleh seorang bernama Lord Slug.

Pada akhirnya diketahui bahwa Lord Slug adalah seorang Super Namek. Son Goku yang sudah bisa berubah menjadi super saiyan pun dibuat kuwalahan olehnya. 

Movie 8: The Incredible Strongest vs. Strongest
Movie 8: The Incredible Strongest vs. Strongest
Lebih dikenal dengan judul Dragon Ball Z: Cooler's Revenge. Ternyata Frieza memiliki seorang saudara bernama Cooler.
Dapatkan Koleksi jaket-Jaket Anime Paling keren
Hanya di Otaku Indonesia Shop

Demi membalaskan kematian Frieza, Cooler menyerang bumi. Orang yang paling dicarinya tentu saja Son Goku. 

Movie 9: Clash!! The Power of 10 Billion Warriors
Movie 9: Clash!! The Power of 10 Billion Warriors
Di dunia internasional lebih dikenal dengan Dragon Ball Z: The Return of Cooler. Kakaknya Frieza ini kembali lagi dengan kekuatan baru.

Namun kali ini yang dia serang bukanlah Bumi, melainkan planet baru yang dihuni oleh bangsa Namek. Goku dan kawan-kawan datang untuk menolong.

Namun ternyata kekuatan baru Cooler jauh di atas kemampuan Super Saiya Goku. Saat tengah dalam masalah Vegeta datang untuk membantu.

Dua orang super saiyan bertarung mati-matian melawan Cooler.

Movie 10: Extreme Battle! Three Great Super Saiyans
Movie 10: Extreme Battle! Three Great Super Saiyans
Lebih dikenal dengan Dragon Ball Z: Super Android 13! Sebelum mati ditangan android 17 dan 18, ternyata Dr Gero masih memiliki proyek yang tengah berjalan yaitu android 13.

Kali ini dibantu Trunks dari masa depan, Goku dan kawan-kawan kembali bertarung dengan manusia super android.

Movie 11: Burn Up!! A Close Fight - A Violent Fight - A Super Fierce Fight
Movie 11: Burn Up!! A Close Fight - A Violent Fight - A Super Fierce Fight
Selama ini kita lebih mengenalnya dengan Dragon Ball Z: Broly – The Legendary Super Saiyan.

Ternyata bangsa Saiyan masih hidup dan berhasil membangun kerajaan baru di suatu planet. Salah seorang Saiyan bernama Paragus datang ke Bumi untuk mengajak Vegeta kembali dan menjadi raja yang baru.

Belakangn terungkap ternyata Broly, anak Paragus, adalah seorang Legendary Super Saiyan yang disebut-sebut tengah menghancurkan planet-planet di seantero galaksi.

Bagaimana Goku, Vegeta dan kawan-kawan menghadapi makhluk yang lebih hebat dari sekedar Super Saiyan biasa ini?

Movie 12: The Galaxy at the Brink!! The Super Incredible Guy
Movie 12: The Galaxy at the Brink!! The Super Incredible Guy
Lebih dikenal dengan Dragon Ball Z: Bojack Unbound. Planet Kai yang hancur saat Goku membawa Cell yang hendak meledakkan diri kesana, ternyata menyisakan masalah yang lebih besar.

Seorang makhluk kejam bernama Bojack yang disegel oleh 4 Kai sebelumnya terlepas karena Kai Selatan meninggal akibat ledakan Cell tersebut.

Dapatkah Goku dan kawan-kawan menyelesiakan kasus yang tanpa sengaja mereka buat sendiri?

Movie 13: The Dangerous Duo! Super Warriors Never Rest
Movie 13: The Dangerous Duo! Super Warriors Never Rest
Lebih dikenal di luar Jepang dengan Dragon Ball Z: Broly – Second Coming. Pertempuran di planet Saiyan yang baru ternyata belum berhasil membunuh Broly.

Kali ini setelah Goku meninggal saat melawan Cell, Broly datang ke Bumi untuk menuntut balas.

Gohan yang memiliki kekuatan Super Saiyan 2 menjadi satu-satunya harapan tersisa untuk melindungi Bumi.

Movie 14: Super Warrior Defeat!! I'll Be the Winner
Movie 14: Super Warrior Defeat!! I'll Be the Winner
Lebih dikenal dengan Dragon Ball Z: Bio-Broly. Seorang profesor jahat menggunakan DNA Broly untuk menciptakan petarung terhebat.

Sementara Goku masih berada di alam baka, mampukah anak-anaknya kembali menyelamatkan Bumi dari Broly?

Movie 15: The Rebirth of Fusion!! Goku and Vegeta
Movie 15: The Rebirth of Fusion!! Goku and Vegeta
Lebih dikenal dengan Dragon Ball Z: Fusion Reborn. Sesosok makhluk yang sangat kuat menyerang alam baka. Super Saiyan 3 Son Goku pun masih tidak mampu untuk menanganinya.

Opsi terakhir adalah kembalinya Son Goku dan Vegeta untuk melakukan Fusion.

Movie 16: Dragon Fist Explosion!! If Goku Can't Do It, Who Will?
Movie 16: Dragon Fist Explosion!! If Goku Can't Do It, Who Will?
Lebih dikenal dengan Dragon Ball Z: Wrath of the Dragon. Kali ini cerita lebih spesifik mengenai asal usul pedang yang dibawa oleh Trunks dari masa depan.

Movie 17: The Path to Ultimate Power
Movie 17: The Path to Ultimate Power
Cerita kembali ke masa saat Son Goku masih kecil. Petualang perdananya dengan BUlma dalam mencari Dragon Ball menjadi topik utama dari ceita movie ini.

Movie 18: Battle of Gods
Movie 18: Battle of Gods
Dunia dalam masa tenang. Goku berlatih di tempat King Kai, dan Vegeta hidup damai (membosankan) di Bumi dengan keluarganya.

Hingga di ujung galaksi sana sang Dewa Penghancur bangun dari tidurnya dan bercerita tentang Super Saiyan God.

Apa sebenarnya Super Saiyan God itu sehingga Dewa Penghancur Beerus sampai memimpikannya?

Movie 19: Resurrection 'F'
Movie 19: Resurrection 'F'
Frieza kembali dihidupkan dengan Dragon Ball oleh anak buahnya yang masih setia. Kali ini Frieza tidak langsung buru-buru pergi balas dendam ke Bumi, melainkan pergi dulu ke suatu tempat untuk berlatih.

Hingga akhirnya dia berhasil mendapatkan transformasi baru yang jauh melebihi Super Saiyan 3.

Sayangnya, Goku dan Vegeta yang sudah dilatih oleh Whis, juga memiliki transformasi baru yaitu Super Saiyan Blue.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons