Thursday 18 January 2018

JIKA LUFFY JUGA SUDAH BISA MELIHAT MASA DEPAN...[ ONEPIECE 891+ ]

Pertarungan antara Luffy vs Katakuri akhirnya dilanjutkan kembali di manga chapter 891 ini. Meskipun hasilnya masih belum berubah. Katakuri masih unggul telak dari Luffy.

Tapi ada satu hal yang membedakan pertarungan mereka ini dengan yang sebelumnya. Luffy sudah mulai bisa menghindari serangan dari Katakuri. 

Padahal serangannya tersebut sudah diarahkan sesuai dengan penglihatan masa depan yang dilihat oleh Katakuri menggunakan kemampuan Kenbunnya.

Kata Katakuri, jika Luffy akan memukul menggunakan tangan kanan, Katakuri akan memukul bahu kanannya. Jika Luffy akan memukul dengan tangan kiri, Katakuri akan memukul bahu kirinya. Begitu seterusnya.

Tapi pada kenyataannya Luffy beberapa kali berhasil menghindari serangannya tersebut.

Meski tidak semua serangan berhasil dihindari, tetapi paling tidak sudah ada kemajuan dari pergerakannya Luffy.

Dan meski hanya sedikit, dan masih belum teratur, ternyata kini Luffy juga sudah bisa melihat masa depan seperti yang bisa Katakuri lakukan.

Dengan kemampuan baru yang dibangkitkannya ini, pertarungan antara Luffy vs Katakuri akan menjadi semakin rumit. Tidak lagi sesederhana adu otot atau adu Haki atau adu elemen buah iblis.

Apalagi sekedar adu transformasi baru.

Jika Luffy bisa melihat masa depan seperti yang Katakuri lakukan, maka masa depan keduanya justru akan menjadi semakin tidak bisa dilihat.

Luffy akan tahu apa yang akan dilakukan oleh Kakakuri untuk menyerangnya. Di sisi lain, Katakuri juga sudah tahu kalau Luffy tahu arah mana yang akan dia serang.

Sehingga Katakuri akan mengarahkan serangannya ke arah lain. Namun karena Luffy bisa melihat masa depan, maka dia juga akan tahu kalau Katakuri sudah tahu apa yang akan dilakukannya untuk menghindari serangannya tersebut.

Sehingga Luffy akan melakukan pergerakan lain untuk menghindari serangan lain yang akan Katakuri lakukan.

Horok!!! Jadi bingung kan?

Jadi logikanya, karena Luffy dan Katakuri sama-sama bisa melihat masa depan lawannya, maka keduanya seperti berdiri di tengah-tengah cermin yang berhadapan.

Atau istilah kerennya Infinity Mirror Effect.

Saat dia melihat cermin yang di depan, bayangan dicermin akan saling memantulkan hingga memunculkan bayangan yang sama yang terus berulang yang jumlahnya tidak terbatas.
REVIEW MANGA ONEPIECE 891

Dengan mengambil logika yang sama dengan Infinity Mirror Effect tersebut, maka saat Luffy sudah bisa melihat masa depan seperti yang bisa Katakuri lakukan, maka pertarungan keduanya akan jadi seperti pertarungan pendekar di film-film kolosal China.

Keduanya cuma berdiri seperti patung. Sedangkan pertarungannya hanya terjadi secara simulasi di dalam pikiran masing-masing.

Keduanya akan terus mematung sampai salah satunya yakin sudah menemukan celah untuk menyerang.

Tapi apa iya pertarungannya akan jadi seperti itu nanti? Who knows! Kita cuma bisa mengira-ngira.

Dan untuk saat ini yang terlintas di pikiran kami, ya seperti itu adanya.

Tapi jika melihat konsep pertarungan di Onepiece, sepertinya hal semacam itu akan kecil kemungkinan terjadi.

Jika diingat-ingat, awalnya pertarungan antar pengguna buah iblis di dunia Onepiece hanya sebatas pertarungan antar elemen.

Petir kalah dengan karet, pasir kalah dengan air, api dan asap tidak bisa saling mengalahkan.

Tapi kemudian muncul konsep Haki yang membuat pengguna buah iblis karet bisa memukul pengguna buah iblis asap dan gas.

Kemudian seiring bertambahnya pengguna Haki di New World, kemudian muncul konsep Haki yang lebih kuat dari Haki yang lain.

Sehingga pertarungan antar pengguna Haki, pemenangnya ditentukan berdasarkan Haki siapa yang lebih besar dan lebih kuat.

Dengan mengambil logika yang sama, maka pertarungan antara Luffy vs Katakuri nanti akan ditentukan oleh siapa yang bisa melihat masa depan lebih jauh dari lawannya.

Misalnya Katakuri saat ini bisa melihat masa depan sejauh 1 menit ke depan, maka untuk bisa mengalahkannya Luffy harus bisa melihat masa depan yang jauhnya lebih dari 1 menit kedepan.

Jadi kuncinya sekarang adalah bagaimana caranya agar Luffy bisa melihat masa depan yang lebih jauh jangkauannya ketimbang Katakuri.

Atau untuk memutus Infinity Mirror Effect tadi, Luffy justru tidak perlu melihat masa depan seperti yang Katakuri lakukan.

Di chapter 891 ini, ada panel yang menampilkan Luffy sedang menutup mata sambil mengingat wejangan dari Rayleigh yang menyebutkan kalau "setiap pukulan memiliki kekuatan tekad dan aura yang mengiringinya/"

Nah, karena setiap pukulan memiliki aura yang mengiringinya, jadi Luffy hanya perlu merasakan aura tersebut kemudian menghindarinya.

Luffy tidak perlu main tebak-tebakan atau main intip-intipan masa depan untuk menandingi kemampuan mengintip masa depannya Katakuri.

Sehingga dari pertarungannya melawan Katakuri ini, Luffy akan mendapatkan 2 kemampuan baru sekaligus yang berhubungan dengan peningkatan level Kenbun Haki.

Pertama, karena digurui oleh Katakuri, Luffy jadi mampu melihat masa depan juga, menggunakan kemampuan Kenbunnya.

Kedua, karena kemampuan melihat masa depan masih belum cukup untuk mengalahkan Katakuri, maka kemampuan Kenbun-nya Luffy kembali berevolusi ke level yang berbeda, yaitu dapat merasakan aura dari sebuah serangan tanpa perlu melihat, dan tanpa perlu berpikir terlebih dahulu.

Yang membuat tubuh Luffy bisa bereaksi lebih cepat dari otak bawah sadarnya sehingga dia mampu menghindari setiap serangan kejutan yang datang dari arah manapun.

Nah, kalau dipikir-pikir, konsep ini jadi mirip seperti kemampuan Ultra Instinct dalam Dragon Ball Super.

Entah ini sebuah kebetulan atau memang Oda terinspirasi dengan konsep Ultra Instinct-nya Dragon Ball Super. Namun yang pasti seorang mangaka terinspirasi dari mangaka lainnya adalah sesuatu yang wajar dalam dunia per-manga-an.

Kami sendiri lebih suka dengan konsep aura dibandingkan dengan konsep jauh-jauhan melihat masa depan seperti yang kami utarakan di awal tadi.

Kalau kalian gimana?

1 komentar:

Dhea Putri said...

Setuju min, lebih suka dengan konsep aura :D
lebih keren

Situs Casino Online Terpercaya

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons