Tuesday, 3 December 2013

5 Anime bertema olahraga yang saat ini sedang tayang (2013/2014)

Anime bertema olahraga memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan tipe anime lain semacam Shinigami, magic, atau ninja yang saat ini sedang populer. Pelajaran hidup seperti pantang menyerah dalam menggapai mimpi, tidak gampang putus asa, dan persahabatan menjadi kekuatan utama dari serial anime bertema olahraga. 

Saat ini, anime bertema olahraga memang tidak banyak dan terkesan kalah pamor dengan tema anime lain. Namun di musim dingin ini (2013/2014) ada beberapa anime bertema olahraga yang memiliki alur cerita yang kuat dan sayang untuk dilewatkan. Nah, berikut ini adalah daftar Anime bertema olahraga yang saat ini sedang tayang (2013/2014) :

1. Kuroko No Basket
Poster kuroko no basket atau kurobas
Bisa dibilang anime ini adalah salah satu anime paling populer di season ini (Fall season 2013/2014). Bercerita tentang Kuroko Tetsuya yang merupakan seorang murid SMA Seirin yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bermain basket. Jika kebanyakan pemain basket mahir dalam mendrible, shooting, atau dunk, lain halnya dengan Kuroko yang merupakan spesialis passing. Ternyata Kuroko adalah salah satu dari Generation of Miracle (tim basket SMP Teiko yang tidak terkalahkan). Sebutan untuk Kuroko di Teiko adalah "The Phantom sixth man".
Kuroko masuk ke SMA Seirin dan terpisah dari anggota GoM yang lain untuk membuktikan bahwa kekuatan utama dari Basket adalah kerjasama tim, bukan kemampuan perseorangan seperti yang terjadi di tim SMP Teiko. Pertandingan demi pertandingan pun dimuali. Kuroko dan Seirin harus berhadapan dengan satu per satu bekas anggota GoF yang terpisah-pisah saat SMA.
Yang menarik dari anime bertema basket ini adalah, karakter tokoh utama yang tidak biasa. Jika kebanyakan tokoh utama berkarakter penuh semangat, pekerja keras, dan berjuang dari nol, lain halnya dengan Kuroko No Basket. Tokoh Kuroko digambarkan sebagai seorang pria yang cool, misterius, disukai wanita, dan dengan fisik yang lemah. Saya rasa Kuroko No Basket adalah anime bergenre olahraga yang paling wajib tonton saat ini. ^_^

2. Free!
Poster Anime Free!
Anime ini berkisah tentang anak-anak SMA yang berbakat dan memiliki ketertarikan tinggi terhadap olehraga renang. Tokoh-tokoh utama di anime ini adalah cowok-cowok yang memiliki nama mirip wanita atau mungkin memang nama wanita. Memang aneh sih, tapi ini bukan anime yaoi lho. Ini anime normal kok.
Tokoh utama di anime ini adalah Haruka, Makoto, Nagisa dan Rin (semuanya cowok). Keempat cowok ini saat SMP berada pada satu klub renang dan merupakan tim renang yang hebat. Saat SMA, Haruka, Makoto, dan Nagisa bersekolah di SMA Iwatobi yang tidak memiliki klub renang. Mereka pun bertekad untuk membentuk klub renang di SMA tersebut. 
Cerita kemudian akan berlanjut dengan persaingan Haruka dan Rin yang bersekolah di SMA lain yang dikenal memiliki klub renang yang hebat. Haruka sendiri sebenarnya memiliki bakat luar biasa dalam renang, tetapi dia tidak menyukai perlombaan. Sementara Rin begitu bernafsu untuk menunjukkan kalau kemampuan berenangnya sudah jauh lebih hebat dibandingkan dengan Haruka. 
Entah kenapa, banyak pecinta anime cewek yang menyukai anime Free! ini. Beberapa ada yang bilang bahwa tokoh-tokoh utama di anime ini 'ikemen' (sebutan untuk cowok yang menarik bagi wanita Jepang).
 
3. Ace of The Diamon
poster anime ace of the diamon
Anime ini mengangkat topik olahraga baseball. Bercerita tentang seorang anak yang bernama Eijun Sawamura, seorang pitcher yang bergabung dengan sebuah sekolah elit dengan seorang catcher bernama Kazuya Miyuki. Kedua anak tersebut pun terus berusaha keras bersama dengan seluruh anggota tim mereka untuk melaju ke Japan's Koshien championships.
Dengan alur yang seperti ini, mungkin cerita dari Ace of The Diamon ini terkesan biasa. Namun seperti yang kita tahu, banyak sekali hal-hal luar biasa, terutama yang berkaitan dengan semangat menggapai mimpi dan persahabatan yang selalu ada di dalam anime bertema olahraga. Saya rasa anime ini sangat layak untuk ditonton.

4. Yowamushi Pedal
Poster anime Yowamushi Pedal
Anime ini mengambil tema olahraga bersepeda. Berkisah tentang seorang anak bernama Sakamichi Onoda yang merupakan seorang Otaku. Dia masuk ke SMA yang ternyata tidak ada klub otaku di dalamnya. Dia pun berencana untuk membuat klub semacam itu di sekolahnya dengan mencari 4 orang anggota pertamanya.
Karena tubuhnya kecil, Onoda selalu mengendari sepeda untuk berangkat ke sekolah. Pada suatu hari dia bertemu dengan Shunsuke Imaizumi, seorang pebalap sepeda yang tengah berlatih. Melihat kemampuan bersepeda Onoda yang unik, Imazumi mencoba meyakinkan Onoda untuk bergabung saja di tim balap sepeda. Dan dari sinilah kisah Onoda sebagai pebalap sepeda akan dimulai.

5. Hajime No Ipo
Poster anime Hajime No Ippo
Anime ini mengangkat tema olahraga tinju. Bercerita tentang seorang bocah pemalu bernama Ippo Makunouchi yang terlalu sibuk membantu pekerjaan orang tuanya hingga tidak ada waktu untuk mencari teman. Oleh karena itu, dia sering dibuli sebuah genk yang dipimpin oleh Umezawa
Suatu hari saat Ippo dibuli hingga terluka cukup parah, Ippo ditolong oleh seorang petinju profesional bernama Mamoru Takamura, lalu di bawa ke sanggar tinju Kamogawa yang didirikan petinju Kamogawa. Saat tersadar dari pingsannya, Ippo mendpati dirinya berada di sebuah sanggar tinju. 
Ippo merasa marah dan sedih karena tidak bisa melawan saat dibuli. Mamoru pun menganjurkan Ippo untuk melampiaskan kemarahannya dengan memukul samsak. Saat itulah Manoru melihat bahwa Ippo memiliki bakat tinju yang hebat. Dan karir Ippo sebagai seorang petinju profesional dimuali dari sini.

1 comments:

Can Ufaz said...

Info keren !!
Sundul Gan !!!

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons